Skip to main content

Apa Sih Penyebab Kutu Rambut?

Penyebab kutu rambut – Tentunya sesuai dengan namanya, kutu rambut adalah penyebab utama dari masalah ini. Kutu rambut merupakan salah satu serangga kecil yang menghisap darah dan bisanya hidup di kepala manusia. Dengan ukurannya yang sangat kecil, sering kali kutu rambut ini tidak mdah terlihat oleh mata telanjang saja.

Kutu rambut ini memiliki ukuran yang bervariasi, yakni antara 1-4 mm. Salah satu hewan dari ordo anoplura ini memiliki kaki yang cukup panjang dengan tubuh yang berwarna hitam kecokelatan. Hewan ini pun memiliki capi di bagian depan. Capit ini berfungsi untuk memegang erat pangkal rambut.

Saat proses menghisap darah di kepala manusia, kutu rambut ini pun akan mengeluarkan air liur yang lengket. Air liur inilah yang menyebabkan rasa gatal di kulit kepala.

Selain itu, tentunya keberadaan kutu rambut ini juga didukung dengan lingkungan yang tidak bersih. Hal inilah yang dinamakan dengan faktor risiko. Faktor risiko inilah yang mendukung semakin tinggi atau rendahnya seseorang untuk berpeluang terkena gangguan kutu rambut. Berikut ini beberapa faktor risiko dari penyebab kutu rambut.

Rambut Yang Tidak Bersih

Penyebab utama terdapatnya kutu rambut adalah dari kondisi manusianya sendiri. Kondisi rambut yang tidak bersih, misalnya. Dengan kondisi seperti ini, serangga kecil seperti kutu rambut akan semakin senang hidup di rambut manusia. Tentunya cara pencegahan yang ampuh agar kutu rambut tidak suka hidup di kepala anda yakni dengan rajin keramas. Saat keramas, pastikan kondisi rambut anda sudah hilang dari sisa shampoo.

Karena apabila sisa shampoo ini masih melekat di kulit kepala anda, sama halnya anda menciptakan kotoran yang justru membuat kutu rambut semakin suka hidup di kulit kepala anda.

Kamar Yang Tidak Bersih

Faktor risiko yang kedua yakni kondisi kamar yang tidak bersih. Kondisi kamar ini salah satunya bisa dilihat dari kondisi sarung bantal dan guling. Sebaiknya sarung bantal dan guling ini selalu diganti atau dicuci minimal 1 kali seminggu dan dijemur di bawah sinar matahari secara langsung dan dipastikan benar-benar sudah dalam kondisi yang kering.

Dengan melakukan cara tersebut di atas, bisa mencegah terjadinya perkembangbiakan bakteri atau virus atau parasit lainnya, salah satunya yakni kutu rambut.

Kontak Dengan Penderita

Faktor risiko yang ketiga adalah terjadinya kontak, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan penderita yang terkena masalah kutu rambut. Biasanya, terjadinya kontak langsung ini paling mudah dialami oleh anak-anak ketika bermain dengan teman sebayanya yang mana mereka belum mengetahui permasalahan terkait dengan kutu rambut ini. Namun, selain anak-anak, manusia dewasa pun juga tidak tertutup kemungkinan untuk terjadi kontak langsung dengan penderitanya.

Kontak langsung dengan penderita ini bisa berasal dari penggunaan barang-barang secara bersamaan, misalnya sisir dan handuk. Tentunya barang ini merupakan barang yang rentan untuk dihinggapi kutu rambut. Cara pencegahan yang ampuh yakni pisahkan barang-barang tersebut antara penderita dengan orang yang sehat.

Cara ini terbukti paling ampuh untuk mencegah terjadinya penularan dari penderita kepada orang yang sehat.

Selain sisir dan handuk, ternyata barang-barang yang digunakan di kepala secara langsung juga merupakan faktor risiko tertularnya kutu rambut ini. Barang tersebut misalnya helm yang digunakan secara bergantian. Hampir sama dengan barang yang sudah disebutkan sebelumnya.

Bahwa barang yang secara langsung berhubungan dengan kepala akan membuat semakin mudahnya transfer kutu rambut dari penderita kepada seseorang yang sehat. Tentunya usahakan semua barang pribadi hanya digunakan oleh seseorang saja.

Faktor risiko tersebut bisa dicegah apabila terdapat kesadaran dari masing-masing individu, karena tentunya tiap individu tidak mengetahui permasalahan kesehatan apa yang terjadi pada individu lainnya. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan barang-barang milik pribadi dibandingkan dengan meminjam atau meminjamkan barang tersebut dari dan kepada orang lain. Tentunya apa kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan.

Nah semoga informasi terkait dengan penyebab kutu rambut bermanfaat dan sebarkan informasi ini untuk saudara atau teman dekat anda, karena tidak ada salahnya untuk menyebarkan kebaikan. Salam sehat. 

2 thoughts on “Apa Sih Penyebab Kutu Rambut?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!