Skip to main content

Basmi Kutu Rambut: Jenis, Ciri-Ciri, Gejala, Pencegahan dan Pengobatan

Basmi kutu rambut. Kutu adalah serangga yang merangkak, tidak ada sayap dan dianggap parasit karena mereka mendapatkan makan dengan darah yang mereka sedot dari kulit kepala manusia. Mereka tidak membawa bahaya banyak pada kesehatan seseorang tapi hanya iritasi dan gatal parah. Karakteristik umum dari kutu adalah:

  • Kutu dewasa makan berkali-kali di siang hari

  • Ukurannya hampir sama dengan biji wijen sekitar 2mm sampai 4mm
  • Warna gelap dan semakin gelap setelah mengisap darah

  • Tidak ada sayap, tubuh memanjang atau membentang, dengan tiga segmen tubuh yaitu, perut, dada dan kepala

  • Hidup dekat dengan kulit kepala dan bertelur 3 sampai 10 nits per hari

Ada tiga jenis kutu rambut yang utama: kepala, tubuh, dan kutu kemaluan. Nama kutu menandakan lokasi tempat tinggal mereka. Orang akan tertular kutu rambut kepala melalui kontak langsung, atau bertukar atau menggunakan barang perawatan rambu orang lain yang terjangkit kutu.

Anak-anak usia sekolah adalah yang paling banyak terserang kutu kepala karena mereka memiliki kontak pada kepala orang lain secara langsung dan dekat daripada orang dewasa. Anak perempuan biasanya memiliki lebih banyak kejadian kutu rambut daripada anak laki-laki barangkali karena rambut panjang, dan keinginan mereka mereka untuk menukar barang-barang seperti bando, jepit, dan kuciran dengan teman-teman.

Ciri-ciri Kutu Rambut

Telur kutu berwarna coklat dan ditemukan di dekat kulit kepala. Telur yang sudah menetas bisa ditemukan lebih jauh dari kulit kepala dan warnanya putih atau jernih. Nits adalah telur kutu yang sudah menetas dan biasanya ditemukan menempel  pada batang rambut di sekitar tengkuk leher, di belakang telinga, dan di sekitar bagian belakang kulit kepala. Kutu kecil berukuran wijen. Mereka memiliki cakar yang akan memegang rambut dengan erat dan mereka makan darah manusia.

Seekor nit yang menetas perlu makan darah dalam 45 menit untuk bertahan hidup. Dibutuhkan 10 hari untuk nits menetas dan 10 hari lagi bagi mereka untuk sepenuhnya matang memungkinkan mereka untuk dapat berkembang biak. Rata-rata kutu betina bisa menghabiskan 50 sampai 150 telur dalam seumur hidupnya.

Gejala Jika Anda Memiliki Kutu

Gejala kutu rambut meliputi luka merah yang ditemukan di kulit kepala, gatal dan adanya sejumlah besar telur kutu pada batang rambut. Jika Anda melihat beberapa hal tersebut ini maka Anda memang telah terjangkit dengan kutu kepala. Sebenarnya bisa memakan waktu dua sampai enam minggu agar tubuh Anda bereaksi terhadap air liur kutu atau kotoran. Bila tubuh Anda memiliki reaksi kekebalan tubuh, maka akan mulai gatal.

Oleh karena itu, mungkin bukan kutu yang bergerak yang menyebabkan Anda menggaruk diri sendiri tapi reaksi tubuh Anda terhadap gigitannya. Orang yang pernah terkena kutu sebelum bereaksi cepat terhadap gigitan kutu dan kotoran. Banyak obat kutu tersedia termasuk obat kutu berbasis kimia dan pengobatan alami di rumah.

Pengobatan Kutu Rambut

Jika Anda memiliki kutu, ada beberapa pilihan yang dapat Anda ambil untuk Basmi kutu rambut. Ada cara kimia dan alami. Cara alami yang bisa dilakukan di rumah lebih direkomendasikan. Mereka tidak akan merusak kulit kepala dan rambut anda. beberapa cara Basmi kutu rambut  dengan:

  • Gunakan minyak zaitun atau mayones untuk masker rambut. Kemudian menutupnya dengan bungkus plastik selama 2 jam.

  • Membilas rambut dengan cairan pencuci mulut listerine

  • Bisa juga menggunakan tambahkan minyak pohon teh kedalam sampo

  • Membilas rambut dengan larutan cuka.

Anda bisa mencoba salah satu dari solusi ini untuk memastikan apakah mereka akan bekerja untuk Anda. Satu-satunya hal yang bekerja dengan baik adalah sisir kutu. Sisirnya sangat murah dan akan memungkinkan Anda mengeluarkan kutu dari rambut dan membunuh mereka. Anda perlu menggunakan sisir setiap hari selama 2 minggu karena kutu akan menetas.

Jika Anda bisa menyisir dan menangkap kutu yang telah menetas setiap hari maka Anda telah basmi kutu rambut.  Inilah satu-satunya metode yang hingga kini berhasil.

Nah itu tadi beberapa hal seputar deskripsi kutu rambut, ciri-ciri, jenis, gejala, dan pengobatan untuk basmi kutu rambut.

You may also like

3 thoughts on “Basmi Kutu Rambut: Jenis, Ciri-Ciri, Gejala, Pencegahan dan Pengobatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!