Skip to main content

Cara Hilangkan Kutu dan Merawat Rambut Agar Selalu Sehat

Cara hilangkan kutu yang efektif adalah dengan merawat rambut agar selalu sehat karena kutu tidak akan menyerang rambut yang sehat dan terawat. Kutu rambut memang bukanlah hewan yang ganas dan dapat menyebabkan penyakit parah akan tetapi kedatangannya sangat mengganggu khususnya bagi wanita.

Selain rasa gatal yang ditimbulkan, kutu juga menyebabkan adanya gangguan iritasi pada kulit kepala dan juga berkurangnya percaya diri di depan orang lain. Oleh karena itulah dibutuhkan cera hilangkan kutu yang efektif dengan mengenali gejala dan cara merawat rambut dengan tepat.

Gejala Adanya Kutu di Rambut

  • Rasa gatal yang disebabkan oleh air liur kutu

Gejala pertama yang muncul ketika ada rasa gatal pada bagian permukaan kulit rambut. Sama seperti nyamuk, hewan ini menghisap darah dengan menaruh bius atau liur setelah menghisap darahnya. Oleh karena itulah umumnya akan menghasilkan rasa gatal terlebih ketika permukaan kulit sedang ada keringat maka akan terasa lebih gatal lagi.

  • Adanya warna putih kecil pada bagian rambut

Adanya warna putih pada helai rambut merupakan telur yang dihasilkan oleh kutu. Kumpulan warna putih ini menempel seperti lem sehingga membutuhkan sisir khusus untuk menghilangkannya.

  • Timbul ruam merah di sekitar atas telinga atau leher

Meskipun masih jarang kasus yang terjadi namun beberapa kali menyebabkan adanya ruam pada bagian kulit rambut khususnya yang berada di atas teliga dan bagian belakang. Ruam ini disebabkan oleh iritasi karena digaruk atau juga karena bekas hisapan darah yang terkena keringat sehingga timbul ruam.

  • Terasa ada yang bergerak di rambut

Gejala berikutnya bahwa di rambut ada kutu adalah rasa geli dan tidak nyaman pada rambut. Apalagi jika kutu tersebut sudah tersebar di seluruh permukaan rambut maka rasanya bukan lagi geli akan tetapi rasa gatal yang luar biasa.

Cara Merawat Rambut agar Terhindar dari Kutu

Salah satu cara paling efektif untuk menghindarkan diri dari kutu adalah senantiasa memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Memakai Shampo Khusus Anti Kutu yang Sesuai dengan Kulit Rambut

Saat mandi gunakan shampo khusus penghilang kutu yang cocok untuk kulit rambut. Ada banyak merk yang dijual dan bisa digunakan untuk membasmi kutu akan tetapi seringkali shampo tersebut tidak sesuai dengan kulit kepala sehingga meskipun kutu sudah hilang namun masih menimbulkan efek samping seperti rasa gatal akibat iritasi atau rambut rontok. Oleh karena itulah ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter atau orang yang ahli dalam perawatan kecantikan.

  • Menggunakan Hair Dryer setelah Keramas

Gunakan hair dryer setelah selesai keramas agar kulit rambut tidak sampai lembab. Banyak kasus yang menyebutkan bahwa ketika kutu terkena shampo dia tidak mati akan tetapi hanya hilang kesadaran apalagi ketika telurnya masih terbungkus cangkang maka shampo tidak akan mempan. Oleh karena itulah dianjurkan untuk menggunakan hair dryer dengan tujuan membakar kutu tersebut dan juga menghindarkan kulit rambut dari lembab.

  • Menjaga Kebersihan Ruangan

Hal yang tak kalah penting adalah selalu memperhatikan kebersihan ruangan khususnya kasur dan bantal. Keduanya harus secara rutin dibersihkan, dijemur, dan diganti kurung atau spreinya. Kutu sangat menyukai tempat yang kotor, lembab, dan berbau tidak sedap sehingga seringkali hinggap di bantal dan kasur yang kumuh.

  • Menghindari Kontak Langsung dengan Penderita Kutu Lainnya

Terakhir adalah menghindari kontak langsung dengan penderita kutu rambut. Sifat kutu yang ringan bisa dengan mudah berpindah tempat sehingga ketika duduk atau tidur bersebelahan maka besar kemungkinan akan tertular.

Cara Hilangkan Kutu

Lantas bagaimana cara menghilangkan kutu yang efektif? Ada dua cara yang bisa kamu ambil. Cara pertama tentu saja dengan mendiskusikannya dengan pakar ahli sehingga ditemukan teknik yang cocok untuk menghilangkan kutu dalam waktu singkat. Beberapa dokter juga menganjurkan beberapa bahan yang mudah ditemukan seperti menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun, alkohol atau juga mayones.

Cara kedua adalah menggunakan bahan-bahan alami yang tidak mempunyai efek samping. Bahan alami seperti irisan bawang merah dan putih, daun sirsak, lemon, dan lidah buaya adalah beberapa bahan alami yang sering digunakan sebagai cara hilangkan kutu.

3 thoughts on “Cara Hilangkan Kutu dan Merawat Rambut Agar Selalu Sehat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!