Skip to main content

Cara Menghilangkan Kutu Dan Telurnya Dengan Mudah Dan Praktis

Bagaimana cara menghilangkan kutu dan telurnya hingga bersih dan tidak muncul kembali? Kutu seringkali menjadi masalah utama yang dihadapi oleh anak-anak, baik itu perempuan atau bahkan laki-laki. Keberadaaan dari kutu sendiri jelas menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Bahkan tidak jarang diantaranya anak yang merasa tidak percaya diri karena kutu yang tumbuh di kepalanya. Lantas bagaimana kiranya cara tepat untuk menghilangkan kutu dengan mudah? Cobalah untuk menyimak penjelasan yang akan penulis uraikan berikut ini :

Kutu dan telur yang dihasilkannya

Kutu dikenal sebagai salah satu hewan yang menghisap darah manusia, semakin banyak darah yang dihisap dari bagian kepala maka semakin besar pula ukuran kutu tersebut. Untuk siklus hidup dari kutu betina itu dimulai ketika bertelur. Telur-telur yang dihasilkan olehnya akan bertahan selama 4 hingga 7 hari.

Bagi Anda yang pernah mengalami masalah dengan kutu, tentunya Anda sudah tidak asing dengan bentuk dari telur kutu tersebut yang menyerupai biji wijen, dengan ukuran yang sangat kecil dan berwarna putih mengkilat dan umumnya menempel di setiap helaian rambut. Pada hari ke 8 telur-telur kutu tersebut akan menetas dan mengeluarkan larva.

Setelah itu pada hari ke 9 hingga 12 kutu tersebut pun akan tumbuh menjadi kutu dewasa dan mulai bertelur kembali. Dalam masa hidupnya kutu mampu menghasilkan telur sebanyak 120 hingga 180. Dan pada hari ke 30 umumnya kutu tersebut pun akan mati dengan sendirinya.

Untuk mengusir kutu dan telur-telur yang dihasilkan olehnya, Anda dapat menggunakan beberapa cara di bagian bawah ini :

1. Penggunaan sisir khusus atau serit

Bagi mereka yang pernah mengalami rambut berkutu, tentunya sudah tidak asing dengan jenis sisir yang satu ini, yaitu jenis sisir yang secara khusus dibuat untuk mengusir kutu dari bagian rambut. Bentuk dari sisir ini tidak jauh berbeda dengan jenis sisir lainnya, namun untuk gigi yang dimilikinya justru dibuat jauh lebih rapat. Sebelum menggunakan jenis sisir yang satu ini akan lebih baik apabila Anda membasahi bagian rambut yang Anda miliki terlebih dahulu, baik itu dengan menggunakan kondisioner atau bahkan menggunakan minyak kelapa.

Tujuan dari membasahi rambut tersebut dilakukan agar kutu serta telur-telurnya yang menempel pada bagian rambut Anda pun dapat dilepaskan dan menempel pada bagian sisir dengan lebih mudah.

2. Gunakan obat penghilang kutu

Selain menggunakan sisir, ada pula cara menghilangkan kutu dan telurnya yang bisa Anda gunakan, yaitu menggunakan jenis obat penghilang kutu. Cara yang satu ini terbilang lebih mudah untuk dilakukan pasalnya hanya dengan menggunakan obat tersebut maka Anda pun dapat mengusir kutu beserta telur-telur yang dihasilkannya dengan lebih mudah, salah satu jenis obat untuk menghilangkan kutu yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat adalah Peditox. Jenis obat yang satu ini bisa Anda temukan dengan mudah di apotek. Selain itu, ada pula beragam jenis obat penghilang kutu lainnya yang umumnya dikenal dengan kandungan permethrin atau pun pyrethrins piperonyl butoxide.

Pyrethrin dikenal sebagai senyawa dari hasil ekstraksi bunga krisan, bahan yang satu ini dikombinasikan dengan senyawa pyrethrin serta piperonyl butoxide atau lebih dikenal dengan sebutan permethrin. Senyawa tersebut dikenal sangat ampuh dalam membunuh kutu rambut yang dilakukannya dengan cara melemahkan sel-sel syaraf yang terdapat di dalam kutu, sehingga kutu yang terdapat di kepala Anda pun dapat diusir dengan lebih mudah, dan begitu dengan telur-telur yang dimilikinya yang kemudian dapat dihilangkan setelah induk kutu tersebut dimusnahkan terlebih dahulu.

Selain dua cara menghilangkan kutu di bagian atas tadi ada pula beberapa cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kutu beserta telur yang dihasilkan olehnya, cara tersebut berkaitan dengan penggunaan beragam bahan-bahan herbal alami yang tentunya berasal dari alam. Namun untuk penggunaannya sendiri jelas membutuhkan proses yang cukup lama.

Cara ini jelas tidak sesuai bagi Anda yang ingin menghilangkan kutu serta telurnya dengan praktis seperti cara di bagian atas tadi, namun bagi Anda yang ingin mencobanya pastikanlah untuk menggunakan beberapa bahan alami berikut ini :

  • Biji buah srikaya

  • Minyak almond

  • Minyak kelapa

  • Minyak pohon teh

  • Minyak zaitun

  • Cuka putih

  • Lidah buaya

  • Lemon

  • Mayones

  • Daun sirsak

  • Dan lainnya

Demikianlah kiranya beberapa cara praktis dan bahan sederhana yang dapat Anda gunakan dalam cara menghilangkan kutu dan telurnya dengan mudah.

One thought on “Cara Menghilangkan Kutu Dan Telurnya Dengan Mudah Dan Praktis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!