Skip to main content

Dampak yang Muncul Akibat Kutu Rambut

Kutu rambut memang menjadi salah satu ancaman penampilan dan juga kenyamanan seseorang karena parasite ini menyebabkan rasa gatal, dan perlu diketahui juga akan bahaya kutu rambut jika dibiarkan. Akan tetapi, kutu rambut ini memang cenderung tidak menimbulkan dampak berbahaya secara langsung bagi kesehatan. Lain halnya dengan kutu badan yang bisa menularkan penyakit karena bisa membawa virus atau bakterinya, kutu rambut hanya menyebabkan gatal.

Tentunya, meskipun demikian bukan berarti boleh membiarkan kutu rambut tinggal di kulit kepala. Hal ini justru bisa jadi menyebabkan penyakit lainnya, misalnya saja karena rasa gatal yang amat sangat sehingga lebih sering menggaruk kulit kepala. Menggaruk tanpa sadar akibat rasa gatal yang sangat dari kutu rambut bisa menimbulkan luka, dan akan menimbulkan borok jika tetap dibiarkan.

Selain itu juga, kutu rambut bisa menular karena kutu rambut bisa loncat ke kepala orang lain yang dekat dengan penderita. Oleh karena itu, saat salah satu anggota keluarga terserang kutu rambut, maka harus segera bertindak dengan menghilangkannya.

Timbulnya bahaya akibat kutu rambut

Jika kutu rambut memiliki bahaya, maka inilah beberapa hal yang menjadi penyebab dari bahaya kutu rambut saat menyerang dan tidak dihilangkan atau dibasmi dengan cepat, di antaranya yaitu;

  • Menimbulkan eksim; merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada kulit dan muncul yang disebabkan karena rasa gatal oleh kutu rambut, seperti halnya ruam, koreng, hingga eksim dan juga sejenisnya. Hal ini dikarenakan saat seseorang terserang kutu maka ia akan terus menerus menggaruk kepala sehingga menyebabkan kulit kepala menjadi lecet. Kulit yang lecet tersebut merupakan peluang dari munculnya eksim pada kulit kepala. Eksim sendiri merupakan gangguan yang terjadi pada kulit karena peradangan, bengkak dan disertai dengan kemerahan yang disertai rasa gatal. Eksim di kulit kepala memang tidak akan menular, tetapi membuat penderita merasa tidak nyaman.

  • Menimbulkan impetigo; merupakan salah satu bahaya akibat kutu rambut yang sebenarnya paling ditakuti karena merupakan salah satu jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Adapun bakteri yang berperan dalam menginfeksi kulit kepala dari impetigo yaitu bakteri streptococcus atau staphylococcus. Hal ini tentunya tidaklah mengejutkan karena bakteri memang ada di bagian tubuh manusia, termasuk di kulit kepala. Akan tetapi, saat permukaan kulit, khususnya kulit kepala lecet atau terluka maka bakteri akan dengan mudah masuk yang kemudian berkembang di dalam tubuh sehingga menjadi infeksi. Lain halnya jika kulit mulus tanpa lecet, tentunya bakteri tidak akan mudah masuk karena terhalang oleh permukaan kulit. Impetigo sendiri berbeda dengan eksim karena memiliki potensi menularkannya pada orang lain. Umumnya terjadi saat adanya sentuhan antara kulit dengan kulit ataupun benda lain yang telah terkontaminasi, seperti baju, sendok, handuk, gagang pintu, dan lainnya. Terdapat dua jenis impetigo yaitu bulosa dengan ciri adanya lepuhan kecil pada kulit yang isinya nanah. Lalu non bulosa dengan gejala seperti bercak merah dan memiliki potensi yang lebih tinggi penularannya jika dibandingkan dengan yang bulosa. Gejala lainnya yang lebih serius yaitu adanya demam dan juga kelenjar pada getah bening membengkak.

  • Pediculus capitis; merupakan iritasi kulit kepala di mana kulit kepala menjadi sangat gatal, kotor dan juga bau. Penyebabnya tak lain adalah kutu rambut yang mengisap darah di kulit kepala akan meneteskan air liur yang merupakan penyebabnya. Gigitan tersebut juga merupakan salah satu iritasi kulit.

  • Kurang tidur; terjadi saat seseorang terserang kutu rambut maka akan sangat tidak nyaman karena kulit kepala sangat gatal dan selalu gatal. Kurang tidur atau kesulitan tidur juga bisa disebabkan karena stress saat seseorang merasa gatal. Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kurang tidur tentunya sangat banyak, mulai dari melemahnya sistem kekebalan tubuh, tekanan darah yang tinggi, tekanan psikologis, sakit kepala, dan juga kerugian lainnya.

Beberapa bahaya di atas tentunya juga seiring dengan dampak psikologis yang terserang kutu rambut. Seperti halnya kurang percaya diri, merasa rendah diri karena dijauhi, merasa diejek, dan lainnya. Kutu rambut memang terkesan merupakan masalah yang enteng, namun jika tidak dibasmi atau dihilangkan justru bahaya kutu rambut bisa merembet pada hal-hal yang telah dibahas di atas.

You may also like

One thought on “Dampak yang Muncul Akibat Kutu Rambut”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!