Skip to main content

Mengenal Jenis-jenis Kutu dan Cara Menghilangkannya

Salah satu jenis parasit yang akan membahayakan jika dibiarkan terus menerus yaitu kutu, lantas bagaimana cara menghilangkan kutu akan dibahas di sini. Meskipun bisa dibilang kutu rambut merupakan jenis yang paling sering dibahas, namun sebenarnya kutu yang menempel khususnya pada tubuh manusia memiliki jenis yang berbeda.

Ada 3 macam jenis kutu yang biasanya terdapat pada bagian tubuh manusia, yaitu Pediculus Humanus atau head house yang menyerang pada daerah kulit kepala, Pediculus Humanus Corporis atau body louse atau clothes louse yang menyerang bagian tubuh manusia, dan Pthirus Pubis atau public atau genital louse yang menyerang daerah kemaluan.

Mengenal bahayanya jenis-jenis kutu yang menyerang manusia

Tentunya, setiap jenis dengan target serangannya di bagian tubuh manusia tidak boleh diabaikan atau dibiarkan begitu saja. Karena pada dasarnya kutu yang merupakan serangga bersifat parasit tersebut akan merugikan sehingga bisa mengancam. Berikut ini adalah bahaya dari tiga jenis kutu yang bisa hinggap di bagian tubuh manusia yang berbahaya, di antaranya yaitu;

  1. Pediculus Humanus; atau kutu rambut yang biasanya manusia sering terjangkit dengan jenis kutu ini. Karena kutu maka memiliki bentuk yang sangat kecil dengan warna yang berbeda-beda, ada yang mengatakan warna kutu rambut menyesuaikan dengan warna rambut dari penderita yang terjangkit kutu tersebut. Sehingga bisa berwarna hitam legam, abu-abu, bahkan juga cokelat terang dengan ukuran 2 hingga 3 milimeter. Siklus hidup dari kutu rambut meliputi telur yang berwarna putih berbentuk oval, nimpa dan kutu dewasa. Saat masih berupa telur, biasanya akan ditemukan pada pangkal rambut dengan jarak yang dekat dengan kulit kepala agar nantinya saat menetas lebih mudah untuk mendapat makanan, yaitu darah dari kulit kepala. Adapun rasa gatal karena dari air liur kutu yang sedang menghisap darah.

  2. Pediculus Humanus Corporis; atau kutu badan bisa menyebabkan penyakit karena hinggap pada tubuh manusia khususnya mereka yang tinggal di daerah dingin. Kutu badan sendiri sebenarnya adalah kutu kepala yang turun ke bawah atau bagian badan. Jenis kutu ini sendiri sebenarnya lebih sering tinggal di baju yang tidak pernah dicuci namun sering dipakai atau menempel di badan. Kutu badan juga biasanya bisa menimbulkan penyakit tipus bagi seseorang yang terjangkit. Gigitannya akan menimbulkan papula berukuran kecil dan berwarna merah hingga menimbulkan eksudat. Rasa gatal tersebut akan menjadi kerak yang kemudian bisa menjadi dermatitis dan menimbulkan infeksi sekunder. Setiap gejala juga bisa terjadi sesuai dengan tingkat kepekaan kulit seseorang.

  3. Pthirus Pubis; atau kutu kemaluan yang tentunya ditemukan di daerah kelamin dan juga bisa ditemukan di area lainnya seperti pada ketiak dan alis. Umumnya kutu kemaluan menginfeksi saat terjadi aktivitas secara seksual, namun jika tidak melakukannya bisa juga terjangkit melalui benda yang terdapat kutu tersebut seperti seprai, kursi toilet, selimut, maupun juga pakaian renang atau pakaian dalam. Rasa gatal yang sangat, khususnya di malam hari akan terasa hingga dua sampai empat minggu. Selain itu juga mengubah warna kulit menjadi abu-abu kebiruan maupun luka karena sering menggaruk.

Adanya jenis-jenis kutu tersebut tentunya harus segera diatasi agar tidak menjadi lebih parah, lantas berikut ini adalah bagaimana cara menghilangkan kutu.

Menghilangkan berbagai jenis kutu pada manusia

Bagi mereka yang telah terserang kutu, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan tentunya menghilangkan kutu tersebut. Baik itu secara tradisional maupun juga secara kimia yang keduanya mudah untuk dilakukan. Untuk kutu rambut bisa dihilangkan dengan rutin menyisir rambut dengan menggunakan sisir yang kerapatannya tinggi agar kutu mudah tersingkirkan.

Selain itu juga dengan menggunakan minyak kayu putih dan jeruk nipis kemudian dioleskan pada kulit kepala serta rambut. Menggunakan minyak kelapa dan juga bisa dengan mengoleskan cuka putih.

Adapun menghilangkan kutu badan yaitu harus dimulai dengan membersihkan pakaian, bahkan juga merendaam pakaian dengan air panas agar telur maupun kutu dewasa mati. Dan rajin untuk membersihkan diri. Sedangkan untuk membasmi kutu kemaluan biasanya dilakukan dengan tindakan medis agar lebih aman di mana sering diberikan obat kimia dengan kandungan zat bernama permethrin sesuai dengan anjuran dokter.

Selain itu juga rutin dengan menyisir rambut kemaluan dengan sisir yang memiliki gigi halus agar telur lebih mudah hilang. Itulah bagaimana cara menghilangkan kutu berbagai jenis-jenis kutu yang menyerang manusia.

2 thoughts on “Mengenal Jenis-jenis Kutu dan Cara Menghilangkannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!