Skip to main content

Penyebab Munculnya Kutu Rambut Yang Harus Dihindari Serta Solusinya

Kutu rambut merupakan salah satu permasalahan yang hingga kini masih ditemukan, sehingga Anda wajib mengetahui cara menghilangkan kutu pada rambut apabila telah terinfeksi. Cara menghilangkan kutu juga beragam, mulai dari menggunakan bahan alami hingga menggunakan bahan kimia. Dimana terdapat kelebihan dan kelemahan tersendiri, namun yang harus Anda ketahui adalah penyebab munculnya kutu. Sebab dengan mengetahui penyebabnya maka akan lebih waspada dan terhindari dari kutu, kutu sendiri merupakan parasit yang sering hingga di kepala manusia.

Ukurannya yang kecil membuat banyak orang yang susah dalam mencarinya, ditambah lagi dengan rasa gatal yang ditimbulkan. Padahal kutu memiliki ukuran 1 hingga 4 mm, memiliki kaki yang panjang serta warna yang hitam agar kecoklatan membuat parasit ini sulit ditemukan. Rasa gatal yang ditimbulkan kutu juga dikarenakan pada saat menghisap darah manusia, kutu akan mengeluarkan air liur. Hal inilah yang membuat penderita kutu sangat sering menggaruk kepalanya.

1. Tidak bersihnya kamar

Kamar yang kebersihannya kurang dijaga merupakan salah satu faktor yang membuat kutu terdapat di rambut, terutama pada sarung bantal atau sarung guling yang jarang diganti. Oleh sebab itu ada baiknya untuk mengganti sarung bantal 2 kali dalam sebulan serta rutin dalam membersihkan kamar, atau Anda juga dapat menjemur bantal di bawah terik matahari. hal ini bertujuan agar kutu atau kuman yang berkembang biak di sarung bantal dapat hilang.

Tidak lupa pula untuk mengganti sprei secara berkala minimal 2 minggu sekali, hal ini agar kutu atau telurnya tidak menempel pada sprei sehingga dapat hingga ke rambut orang lain. Tidak lupa pula setiap harinya untuk membuka jendela di kamar, agar sirkulasi udara dapat terjaga. Sehingga kamar tidak pengap dan nyaman untuk ditempati.

2. Kurangnya kebersihan rambut

Rambut yang kotor merupakan penyebab utama mudahnya kutu berkembang di rambut, sebab kutu sangat menyukai tempat yang kotor dan lembab. Sehingga rambut yang jarang dicuci sangat mudah untuk dihinggapi kutu serta dapat berkembang biak dalam waktu yang cepat. Cara menghilangkan kutu pada rambut yang tepat dan ampuh adalah dengan mencuci rambut secara rutin, sehingga kebersihan rambut dapat terjaga. Sebab pada saat beraktivitas dapat memicu keringat pada kulit kepala, sehingga dapat memicu munculnya ketombe juga.

Apalagi kutu dan ketombe memberikan efek gatal, hal ini tentunya membuat tidak nyaman. Mencuci rambut juga haruslah menggunakan shampoo, sebab shampoo dapat mengangkat kotoran di rambut serta memberikan efek segar. Apalagi saat ini banyak sekali shampoo yang dijual di pasaran yang disesuaikan dengan jenis permasalahan rambut, kandungan kimia pada shampoo juga dapat membuat kutu mati. Namun ketika membilas shampoo haruslah bersih sebab apabila tertinggal dapat menjadi kotoran juga.

3. Kontak langsung dengan penderita kutu

Walaupun rambut Anda bersih, namun apabila sering melakukan kontak dengan penderita kutu dapat membuat parasit ini hingga di rambut juga. Sebab parasit ini dapat berpindah dari satu rambut dengan rambut lainnya dengan sangat cepat, faktor ini sangat sering terjadi pada anak-anak. Sebab anak-anak belum mampu menjaga kebersihan diri secara mandiri, serta mudah ditularkan pada saat bermain bersama teman yang telah terinfeksi kutu. Karena itu hindarilah menggunakan barang bekas penderita kutu terutama yang berhubungan dengan rambut, seperti sisir, handuk, atau jilbab.

4.Penutup kepala yang tidak diganti

Selain menjaga kebersihan rambut, Anda juga harus menjaga kebersihan penutup kepala seperti topi atau jilbab. Sebab kedua penutup kepala ini banyak digunakan oleh orang dalam waktu yang lama, sehingga menjadi tempat berkembang biaknya bakteri maupun kutu. Ditambah lagi kotoran pada penutup kepala bisa saja dari kotoran pada rambut, karena itu solusinya adalah dengan mencucinya dengan teratur atau menggantinya.

Sebab apabila tidak diganti biasanya dapat menimbulkan bau tidak sedap, hal ini dikarenakan keringat diserap oleh penutup kepala. Atau cara menghilangkan kutu pada rambut lainnya adalah dengan menggunakan bahan alami seperti yoghurt, minyak zaitun atau bawang, serta sangat mudah ditemukan.

You may also like

2 thoughts on “Penyebab Munculnya Kutu Rambut Yang Harus Dihindari Serta Solusinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!