Skip to main content

Tentang Kutu – Cara Menghilangkan Kutu secara Alami dan Permanen

Cara menghilangkan kutu secara alami dan permanen memang mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama dibanding menggunakan obat-obatan tertentu. Dan akan lebih baik jika dua metode tersebut dipadukan agar kutu pergi lebih cepat dan tidak kepikiran untuk kembali ke kepala anda lagi.

Kutu rambut hidup di kepala manusia dan berpindah dengan merangkak, bukan melompat apalagi terbang. Jika tidak segera di atasi, mungkin orang di sekitar anda akan berpikir untuk berdekatan dengan anda karena takut tertular. Kemungkinan terburuknya adalah kutu dapat menyebabkan luka serius di kulit kepala.

Tanda-tanda kutu rambut menginvasi kepala anda

Pada dasarnya keberadaan kutu di rambut anda bisa dideteksi meski pun kutu atau telurnya tidak terlihat. Anda akan mengalami beberapa gejala dan tanda-tanda secara umum seperti:

  • Rasa gatal yang intens
  • Geli ketika rambut bergerak
  • Melihat kutu di kulit kepala, baju, atau bagian tubuh lainnya
  • Menemukan telur kutu di batang rambut
  • Bekas gigitan yang merah di kulit kepala, bahu, dan leher
  • Sulit tidur karena gatal
  • Kulit kepala yang terasa perih karena sering digaruk

Seperti yang kita ketahui, ukuran kutu dewasa hanya sebesar biji wijen atau sedikit lebih besar. Maka dari itu, keberadaannya agak sulit dideteksi. Apalagi telurnya, bentuknya lebih kecil dan lebih lembut. Warnanya kadang putih kadang kekuningan. Bentuknya yang mirip ketombe kadang membuat orang bingung. Namun, ketombe mudah jatuh ketika disisir sedangkan telur kutu tidak seperti itu.

Penyebabnya

Sebelum kita membahas cara menghilangkan kutu secara alami dan permanen, mungkin anda harus tahu dair mana kutu tersebut berasal dan bagaimana mereka bisa berakhir di kepala anda.

Kutu rambut menyebar dengan sangat mudah terutama pada anak-anak yang masih sekolah, karena mereka melakukan kontak sangat sering dan konsisten dengan teman-temannya. Cara yang paling umum adalah akibat kontak yang melibatkan kepala dan anak-anak adalah yang paling mudah melakukan hal semacam itu.

Selain itu, menggunakan sisir atau berbagi bantal dan segala sesuatu yang dikenakan orang yang sudah terjangkit kutu akan mempermudah penyebaran. Namun perlu dimengerti bahwa kutu anjing dan kucing merupakan jenis kutu yang berbeda dengan yang ada pada tubuh manusia. Sehingga, mereka tidak bisa disalahkan jika anda terjangkit kutu pada suatu hari.

Metode wet-combing

Metode ini menggunakan sisir yang khusus untuk kutu, biasanya antar giginya sangat rapat. Sebelumnya, anda harus membasahi rambut secara keseluruhan dan akan lebih baik jika anda menambahkan kondisioner atau produk yang memang secara khusus ditujukan untuk penderita kutu rambut. Setelahnya, anda bisa mulai menyisir dengan perlahan dan keseluruhan.

Metode ini bisa dilakukan sebanyak 3x dalam seminggu dan bisa menjadi seminggu sekali setelah keberadaan kutu dewasa sudah tidak terlihat. Cara ini juga sangat disarankan untuk anak-anak. Biasanya setelah dua bulan kutu-kutu sudah hilang dengan sendirinya.

Menggunakan perawatan alami

Banyak yang menyarankan untuk menggunakan bahan makanan seperti mayones atau mentega untuk membuat para kutu mati lemas. Namun tentu saja ada cara yang lebih manusiawi untuk indera penciuman anda. Minyak nabati biasanya sangat manjur dan membantu untuk mengusir kutu. Bisa menggunakan minyak almon, zaitun, dan kelapa.

Pertama, anda harus mengusapkan minyak ke seluruh bagian rambut lalu menyisirkan dengan sisir kutu. Atau anda juga bisa melumuri sisir dengan minyak lalu menyisirkannya di rambut. Pilih saja apa pun yang paling cocok untuk anda. Setelah anda menyisir satu bagian, jangan lupa untuk membasuh sisir dengan air panas agar kutu mau pun telur yang menempel disisir benar-benar mati.

Setelahnya bilas dengan shampo hingga bersih. Metode ini bisa dilakukan hingga kutu dewasa tidak telrihat lagi dan lanjutkan dengan wet-combing.

Mencuci dan membersihkan benda di rumah

Ketika salah seorang di rumah anda terjangkit kutu, sangat disarankan untuk mencuci seluruh benda yang memiliki kontak tubuh, terutama terhadap kepala orang yang terkena kutu. Mencuci menggunakan air panas sangat disarankan karena akan membuat kutu lemas dan mati perlahan. Menggunakan vakum juga disarankan berdasarkan cara menghilangkan kutu secara alami dan permanen.

One thought on “Tentang Kutu – Cara Menghilangkan Kutu secara Alami dan Permanen”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!